Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh


Manfaat Makanan Sehat Bagi TubuhIni Dia Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh

Manfaat makanan sehat bagi tubuh memberikan peranan pentingnya untuk kesehatan tubuh. Bagaimanapun, makanan sehat merupakan faktor terpenting untuk membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, faktor pola makan yang buruk akan membuat kita lebih mudah terkena penyakit. Makanan merupakan asupan terpenting yang masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, akan sangat penting bagi kita untuk menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Begitu pentingnya peranan makanan sehat bagi tubuh, kita harus selalu menyeleksi setiap makanan yang masuk ke tubuh kita.

Seperti kita ketahui, seiring perkembangan zaman kini banyak menjumpai penyakit-penyakit kronis yang baru. Hal ini tidak lain, karena faktor makanan-makanan instan yang biasa kita santap sehari-hari. Makanan instan atau junk food mengandung banyak zat kimia berbahaya, seperti pewarna makanan, zat pengawet dan lain sebagainya. Jika makanan tersebut diakumulasi di dalam tubuh, akan mengakibatkan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Di sinilah kita membutuhkan manfaat makanan sehat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan aneka macam penyakit berbahaya.
Apa saja sih manfaat makanan sehat bagi tubuh yang wajib kita ketahui? Untuk mengetahui manfaatnya, ada beberapa zat yang wajib kita konsumsi sehari-hari untuk mendapatkan manfaat makanan bergizi untuk tubuh seperti berikut ini:
  1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat terpenting yang dibutuhkan oleh tubuh, karena peranan karbohidrat sendiri untuk menghasilkan energi dan memberikan tenaga untuk tubuh manusia. Kita bisa mendapatkan karbohidrat dari nasi, kentang, gandum, dan lain sebagainya.
  1. Protein
Kandungan protein pada makanan tak kalah pentingnya dari karbohidrat. Karena protein berfungsi untuk membantu masa pertumbuhan anak dan sebagai cadangan energi untuk manusia. Adapun makanan berprotein terdapat pada telur, daging, ikan dan lain sebagainya.
  1. Vitamin
Nah, kandungan yang tak kalah pentingnya adalah vitamin yang bisa melancarkan sistem metabolisme tubuh. Ada banyak vitamin yang bisa kita dapatkan baik dari sayuran dan buah-buahan.
  1. Lemak
Lemak diperlukan oleh tubuh sebagai zat pelarut vitamin serta cadangan energi untuk rubuh.
  1. Serat
Serat juga sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh dan meminimalisir kelebihan berat badan. Anda bisa mendapatkan serat dari sayuran dan buah-buahan.
  1. Air
Air merupakan unsur terpenting yang wajib dikonsumsi oleh tubuh untuk melarutkan semua zat yang bergizi di dalam tubuh
  1. Mineral
Mineral juga sangat penting untuk membentuk struktur tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat makanan sehat bagi tubuh yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung semua zat yang sangat penting bagi tubuh seperti di atas!
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Manfaat Makanan Sehat Bagi Tubuh"